8 Obyek Wisata Populer di Lombok Barat



Pantai Senggigi, Lombok Barat

#sewamotorlombok #Lombokmotorbike #senggigi #pantainambung #telukmekaki #tamannarmada #kemaliqlingsar #suranadi #aiknyetsesaot #gilinanggu #gilisudak #gilitangkong #gilikedis #lombokisland


1. Pantai Senggigi

Senggigi adalah salah satu kawasan wisata utama di Lombok. Senggigi terletak sekitar 10 km ke arah utara dari Ampenan, kota Mataram.


Pantai - pantai di kawasan Senggigi tergolong ramah dengan ombak yang lembut. Saat sore hari, pantai Senggigi akan terlihat menarik, wisatawan dapat melihat siluet Gunung Agung di Bali menjulan dan perahu - perahu nelayan yang sedang pulang melaut.


Di pinggir jalan utama Senggigi berderet toko - toko kecil yang memanjakan berbagai keperluan dan cinderamata, agen perjalanan, restoran, bar dan night club. Selain itu terdapat juga beberapa minimarket yang menyediakan kebutuhan sehari - hari. ATM, Money Changer , kantor pos, dan berbagai kebutuhan wisatawan pada umumnya.


Di kawasan wisata ini juga terdapat pasar seni Senggigi yang menjual barang - barang kerajinan yang bisa dijadikan ole - ole saat pulang berlibur.


2. Pantai Nambung

Pantai Nambung adalah pantai yang unik. Selain merupakan sebuah pantai, secara alami pantai ini bisa menjadi sebuah air terjun.


Pantai yang terdiri dari tebing curam yang tidak terlalu tinggi ini apabila deburan ombaknya naik ke atas, maka airnya akan jatuh lagi sehingga airnya membentuk air terjun.


Untuk sampai ke lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki dan sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai petualangan.


3. Teluk Mekaki

Pantai ini berada di sebuah teluk selatan Sekotong dan dapat ditempuh melalui jalur darat dari kota Mataram.


Jalan menuju lokasi ini terbilang cukup menantang, berjarak sekitar 65 km dari kota Mataram dan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 s.d. 2 jam.


Perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan pantai yang sungguh mempesona. Para pengunjung sebaiknya menyewa mobil atau sepeda motor saat menuju Teluk Mekaki, karena tidak ada angkutan umum ke lokasi ini. Dan dengan menyewa kendaraan maka Anda dapat dengan leluasa menikmati seluruh sisi teluk ini.


4. Gili Nanggu, Gili Sudak, GIli Kedis dan GIli Tangkong

Diantara puluhan gili (pulau) di Lombok Barat, Gili Nanggu, GIli Sudak, GIli Kedis dan GIli Tangkong adalah empat gili yang sudah menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Lombok.


Meskipun namanya tidak setenar tiga gili unggulan di Lombok Utara (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air), pesona ke empat gili tersebut begitu memanjakan pengunjungnya. Suasana yang damai sangat cocok bagi pengunjung yang mencari ketenangan.


Untuk mencapai empat gili tersebut, maka Anda harus menempuh rute kota Mataram - Gerung - Sekotong - Pelabuhan Tawun dengan estimasi 1 jam perjalanan. Dari pelabuhan Tawun, Anda dapat menyeberang ke Gili Nanggu.


5. Taman Narmada

Terletak sekitar 10 km ke arah timur Cakranegara dan dibangun pada tahun 1805, sebagai tiruan atau replika Gunung Rinjani dan Segara Anak yaitu sebuah kawah di Gunung RInani.


Taman Narmada dibangun dan terpelihara dengan baik serta dikelilingi kolam renang dan danau buatan.


Pada saat tertentu, Anda juga dapat menyaksikan pertunukan tarian gandrung, gendang beleq, dan tarian tradisional lainnya. Di Taman Narmada Anda uga dapat berenang di beberapa kolam tertentu (disarankan menggunakan pakaian renang yang sopan), yang cukup terkenal di kalangan penduduk lokal.


6. Kemaliq Lingsar

Kemaliq Lingsar dibangun pada masa akhir abad ke - 17 sekitar tahun 1720 M. Di dalam komplek taman ini terdapat pura dan Kemaliq.


Pura adalah sarana kegiatan bagi pemeluk agama Hindu, sedangkan Kemaliq adalah sarana kegiatan ritual bagi penganut ajaran "waktu telu" dan pada umumnya dari suku Sasak.


Kedua kelompok bangunan ini letaknya bersebelahan di sisi timur komplek taman. Antara keduanya dibatasi pagar tembok. DI pagar pembatas tersebut terdapat pintu penghubung. Secara kasat mata kedua tempat iini terlihat seperti menyatu.


Saat ini Kemaliq tidak hanya digunakan oleh penganut "waktu telu" saja namun juga digunakan oleh para warga keturunan Tionghoa yang berkunjung. DI lokasi ini setiap tahun dilaksanakan Festival Perang TOpat. Perang yang mempersatukan berbagai kelompok agama.


7. Suranadi

Suranadi merupakan pura atau candi tertuadan tersuci bagi umat Hindu di Lombok.


Didirikan pada abad ke - 16 masehi oleh pendeta dari Jawa, Dang Hyang Miratha. Air sungai bawah tanah mengalir di kolam yang digunakan sebagai tempat ritual permandian.


Suranadi dimaksudkan sebagai sumber air suci oleh komunitas Hindu yang digunakan untuk tujuan kremasi.


8.Aik Nyet Sesaot

Aik Nyet adalah bahasa Sasak yang berarti air yang dingin. Aik Nyet Sesaot adalah wisata hutan yang terdapat di Desa Sesaot sekitar 5 km sebelah utara Suranadi, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Disini wisatawan dapat menikmati udara yang masih sejuk dan segar.


Selain itu, terdapat juga beberapa mata air serta sungai dengan bebatuan yang berasal dari Gunung RInani. Di lokasi ini, Anda dapat menikmati kuliner khas Lombok yaitu Sate Bulayak, yang banyak dijual oleh pedagang di sekitar Aik Nyet.