6 Obyek Wisata Populer di Lombok Utara



Berikut ini adalah 6 destinasi populer di Lombok Utara, yaitu:

  1. Gili Trawangan , Gili Meno dan GIli Air (TRAMENA);

  2. Puncak Bukit Pusuk;

  3. Pantai Sira;

  4. Desa Bambu Kerujuk;

  5. Senaru;

  6. Air Terjung Sendang Gile dan Tiu Kelep.


1. Gili Trawangan , Gili Meno dan GIli Air (TRAMENA)

TRAMENA) di Kabupaten Lombok Utara, terdapat destinasi tiga gili yang disebut Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Tiga Gili ini memiliki pesona tersendiri bagi para wisatawan.


Gili Trawangan misalnya, pulau yang paling besar diantara ketiga gili ini, bebas dari kendaraan bermotor, udaranya terbilang bersih , pantainya yang berpasir putih dengan ombak bersahabat, menjadi tempat yang nyaman untuk berjemur dan bersantai.


Di Gili Air terdapat taman air yang alami nan menakjubkan. Terumbu karang dan ikan-ikan jinak bisa menjadi teman bermain di kawasan ini. Disekitar gili ini, Anda bisa menjelajah sedikitnya 5 titik spesial dimana Anda bisa menyapa kuda laut, penyu, berbagai macam ikan dengan aneka warna, serta penghuni laut lainnya.


Sedangkan di GIli Meno terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan macanegara. Pasir putihnya masih alami. Di gili ini Anda bisa snorkeling atau berenang sembari menikmati karang dan biodiversitasnya.


2. Puncak Bukit Pusuk

Merupakan pegunungan yang dilewati menuju Pemenang kearah utara Lombok. Perjalanan melewati perbukitan dan lembah, terdapat sungai dan hutan hijau yang indah.


Di puncak Pusuk Anda dapat menjumpai kawanan monyet berbulu abu-abu di pinggir jalan menanti para wisatawan ataupun pengendara yang memberikan sepanjang jalur ini.


3. Pantai Sira

Terletak di sebelah utara setelah Kecamatan Tanjung. Terhampar pantai nan indah dengan pasir putih.


Untuk mencapai lokasi ini, Anda hanya perlu mengikuto petunjuk arah kecil tidak jauh dari jalan utama. Pantai cantik dan tenang akan segera Anda temukan.


Cocok untuk kegiatan snorkeling dan menikmati pemandangan ke arah tigi gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan GIli Air), serta pulau Bali di sebaliknya.


Disini juga terdapat lapangan golf Kosaido dengan 18 hole standard kelas dunia untuk melengkapi liburan Anda.


4. Desa Bambu Kerujuk

Desa wisata ini terletak di Dusun Kerujuk, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang. Di pedusunan yang terletak di balik kerimbunan hutan Pusuk ini hampir seluruh fasilitas yang dibangun sebagian besar mrnggunakan bambu sebagai bahan utama bangunan. Termasuk kamar mandi dan toilet, dindingnya juga rapat dihiasi dengan bambu.


5. Senaru

Senaru adalah daerah yang merupakan pintu awal pendakian Gunung Rinjani. Di desa ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dan merasakan udara yang masih segar dan sejuk.


Ada satu objek yang bisa dinikmati disini, yaitu Tebing Kelep. Jalur menuju tebing kelep bisa ditempuh menggunakan sepeda motor.


Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah dengan Air Terjun Kelep yang terlihat dari kejauhan.


6. Air Terjung Sendang Gile dan Tiu Kelep

Untuk menikmati air terjun Sendang GIle Anda harus menuruni 200 anak tangga yang uniknya air terjun ini adalag aairnya tidak langsung jatuh ke sungai dibawahnya melainkan mengalir dari tingkatan bukit yang paling atas terus ke tingkatan dibawahnya dan terakhir baru mencapai sungai berbatu.


Destinasi wisata ini merupakan tempat yang populer di kalangan wisatawan yang mengunjungi Taman Nasional GUnung RInjani.